Jumat, Agustus 10, 2007

Pengobatan dengan Ramuan Tradisionil [8]

Bawang Merah Turunkan Panas Bayi

Umumnya, bayi sering mengalami panas badan atau demam. Jika hal ini terjadi pada bayi anda. Ambil bawang merah tiga siung, lalu pukullah bawang merah hingga pecah dan menjadi beberapa bagian. Beri minyak kayu putih dan anda bisa balurkan ke seluruh tubuh bayi anda. Bawang merah yang masih tersisa, letakkanlah pada ubun-ubun kepala bayi anda. Niscaya panas badan bayi anda akan segera turun.

Manfaat Buah Mengkudu

Tak banyak orang yang mengetahui akan manfaat dari buah mengkudu. Buah ini banyak sekali manfaatnya bagi kita. Terutama untuk mengatasi berbagai penyakit seperti darah tinggi, asam urat, kencing manis dan obesitas atau yang sering disebut kegemukan. Cara mengkonsumsinya antara lain ambil satu buah mengkudu yang sudah matang, parutlah atau bisa juga di blender. Kemudian saringlah dan ambil airnya sekitar satu gelas. Beri sedikit gula atau bisa juga madu. Minumlah air mengkudu tersebut. Ini dapat anda lakukan rutin pada pagi hari dan sore hari sampai penyakit anda sembuh.

Atasi Gusi Bengkak Dengan Daun Sirih

Rasanya tentu tak nyaman saat gusi kita bengkak, apalagi sampai mengeluarkan darah. Makan dan minum rasanya pasti tak nikmat. Untuk mengatasinya, cobalah resep tradisional berikut ini. Ambil 5 atau 6 lembar daun sirih, cuci bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Angkat air rebusan lalu saring dengan tambahan sedikit garam. Selanjutnya gunakan air rebusan sirih itu untuk berkumur-kumur secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Dengan demikian, gusi bengkak berangsur-angsur akan membaik.

Atasi Sendiri Kram Menstruasi

Saat tamu bulanan datang, anda mungkin sering mengalami kram di daerah perut. Sebaiknya atasi sendiri rasa nyerinya dengan minum teh panas, karena kandungan zat dalam teh bisa mengurangi peradangan. Lalu berbaringlah dan tahan bagian bawah lutut dengan batal untuk mengurangi sakit kram.

Tempelkan botol berisi air hangat pada bagian perut yang sakit. Pijat dengan gerakan memutar bagian perut selama beberapa saat.

Lakukan peregangan otot secara teratur seperti berjalan atau bersepeda. Sebaiknya kurangi konsumsi garam pada saat haid.

Buatlah ramuan kunyit asem sendiri, caranya gampang kok. Cuci bersih kunyit, jangan dikupas lalu iris tipis-tipis. Masukkan dalam panci yang sudah terisi air, tambahkan gula merah dan asem secukupnya, rebus kurang lebih selama 30 menit. Tuang ke dalam gelas, lalu minum.

Vitamin E Pengobat Luka Bakar

Seperti Aloe vera, vitamin E juga sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar. Bukalah kapsul vitamin E dan oleskan isinya kepada kulit yang terbakar. Bukan hanya sekedar mendinginkan luka bakar tersebut, tetapi juga meminimalkan pembentukan jaringan parut.

Upaya Tradisional untuk Bisul

Banyak orang menyatakan bahwa menempatkan kantung teh diatas bisul juga dapat menyembuhkannya. Rendam kantung teh di secangkir air mendidih dan biarkan terendam selama beberapa menit. Angkat kantung teh dan dinginkan diatas bisul. Untuk mempertahankan kantung teh itu menempel ditempatnya, gunakan saputangan katun untuk mengikatnya.

Serai Mempermudah Keturunan

Ambil empat ruas tanaman kunci (umbi untuk sayur bayam) dan dua batang serai, cuci hingga bersih dan parut. Lalu tambahkan air hangat, saring, ambil airnya dan tambahkan gula merah atau madu secukupnya. Minumlah air ramuan tersebut satu jam sebelum berhubungan intim, baik istri maupun suami. Bila hal ini dilakukan secara rutin mudah-mudahan anda segera mendapatkan keturunan.

Mengatasi Radang Amandel

Ambil sebatang kunyit, kupas, cuci bersih lalu parut. Beri sedikit air matang,peras lalu tambahkan dengan sedikit air jeruk nipis dan satu sendok teh madu. Minum ramuan ini setiap hari. Ulangi sampai radang amandel hilang. Dengan cara ini radang amandel bisa dijinakan.

Manfaat Lain Bawang Putih

Ambil satu siung bawang putih, belah menjadi dua bagian, gosokan pada panu tersebut selama kurang lebih satu menit. Lakukan secara rutin dua hingga tiga kali sehari, niscaya panu anda akan segera hilang. Selamat mencoba.

Mengatasi Bau Nafas

Ambil delapan buah daun sirih, cuci bersih. Ambil pula sebutir jahe, cuci bersih dan iris-iris, setelah itu campurkan kedua bahan itu dan beri beberapa gelas air. Rebus hingga mendidih, dinginkan, minum secara teratur dua kali sehari selama beberapa hari. Niscaya nafas anda akan berbau sedap. (Sumber: perempuan.com dan berbagai sumber lainnya)

Tidak ada komentar: