Jumat, Agustus 10, 2007

Pengobatan dengan Ramuan Tradisionil [2]

Kuku Kuat dengan Bawang putih

Ambil satu suing bawang putih, kupas, tusuk-tusukan kuku ke bawang putih tersebut, jika sudah selesai kuku jangan buru-buru dicuci tetapi biarkan beberapa jam, lakukan rutin dua kali sehari pagi dan sore. Niscaya kuku anda akan mejadi kuat hingga tak mudah patah.

Atasi Diare Ringan dengan Air Teh

Ambil segenggam teh, rebus dengan empat gelas air hingga mendidih, beri sedikit garam, dinginkan lalu saring. Minum satu gelas kecil dua kali sehari sampai diare anda benar-benar berhenti. Niscaya diare anda akan sembuh.

Mata Indah dengan Air Sirih

Ambil dua puluh lembar daun sirih, campur dengan empat gelas air, masak hingga mendidih, dinginkan dan saring. Terawangkan mata anda kedalam air tersebut sambil dikedip-kedipkan berulang kali selama 30 detik. Lakukan setiap hari selama tiga hari. Niscaya mata anda akan menjadi sehat.

Manfaat Lain Daun Salam

Ambil segenggam daun salam, cuci bersih, rebus dengan dua gelas air hingga tinggal satu gelas. Minum hangat-hangat air rebusan ini secara terartur satu hari sekali sampai berat badan anda turun sesuai keinginan anda.

Atasi Pendarahan Geraham

Ambil daun sirih 10 lembar Setelah dicuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas sampai mendidih. Angkat lalu saring, Selanjutnya kumur dengan ramuan tersebut setiap 1jam satu kali. Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak berlubang.

Cegah Flu Burung

Ambil 15 gram sambiloto, 4 siung bawang putih, 15 gram jahe, 25 gram kencur, rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring airnya, diminum dengan menambahkan 1 sendok makan madu.

Bayam Obat Kurang Darah

Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis, kemudian disaring. Tambahkan 1 sdm dan 1 butir kuning telur ayam kampung kedalam air daun bayam tadi. Minum 1 kali sehari selama seminggu. Untuk pengobatan berikutnya, minum ramuan ini 2 x seminggu sampai sembuh.

Obat Sakit Tenggorokan

Ambil 15 gr sambiloto, 25 gr kunyit, 2 buah mengkudu yang telah matang, kemudian rebus semua bahan tersebut dalam 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring, tambahkan madu dan air jeruk nipis secukupnya, minum selagi hangat 1 kali sehari.

Menghentikan Muntah-muntah

Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali.

Obat Diare

Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.

Obat Batuk Karena Masuk Angin

Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.

Obat Darah Tinggi

Ambil 7 lembar daun salam yang masih hijau dan segar, cuci dan rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan hanya tersisa 1 gelas, minumlah secara ruti setiap hari sebanyak 2 gelas niscaya penyakit darah tinggi anda akan segera sembuh.

Mengobati Eksim

Ambil lima buah kunyit sebesar jari telunjuk, satu sendok the kapur sirih, dan 1 buah jeruk nipis, tumbuk bahan tersebut menjadi satu. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang sakit, lakukan berulang-ulang samapi sembuh. (Sumber: perempuan.com dan berbagai sumber lainnya)


Tidak ada komentar: