Jumat, Agustus 10, 2007

Pengobatan dengan Ramuan Tradisionil [5]

Manfaat Daun Lidah Buaya

Ambil beberapa batang Lidah Buaya, kupas kulitnya. Potong-potong kecil lalu masukan kedalam blender. Balurkan juice lidah buaya ini pada kulit yang kering. Niscaya kulit andapun akan kembali mulus dan tampak lebih bercahaya.

Manfaat Lain Daun Sirih

Ambil 5-6 lembar daun sirih, cuci bersih kemudian rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Angkat air rebusan, lalu saring, tambahkan sedikit garam. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur secara rutin 3 kali sehari hingga sembuh.

Kacang Hijau Obat Maag

Ambil seperempat kilogram kacang hijau, cuci dan keringkan, lalu sangrai sampai masak. Kemudian tumbuklah sampai halus seperti tepung. Miunumlah satu sendok yang telah diberi air. Minum setiap hari sampai sembuh.

Manfaat Daun Petai Cina

Ambilah beberapa daun petai cina, kemudian remas-remas hingga mengeluarkan air. Setelah itu gosokkan pada seluruh tubuh pada saat mandi, diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air sampai bersih. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Khasiat Lidah Buaya

Ambil beberapa batang lidah buaya (aloe vera), cuci hingga bersih. Lalu ambil bagian dalamnya tempelkan pada bagian tubuh yang terkena air panas.

Obat Luka Bakar

Ambilah beberapa lembar daun sirih yang masih segar, peras airnya dan tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke tempat luka baker, dengan cara ini luka bakar anda akan segera sembuh.

Manfaat Air Tajin

Minumlah air tajin dari beras merah atau dari beras ketan secara rutin 3 kali dalam seminggu, dan lihatlah hasilnya, tubuh anda akan mengalami perubahan menjadi lebih gemuk.

Obat Biduran/Kaligata

Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.

Mengobati Mata Merah

Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.

Obati Benjol Karena Benturan

Rendam 1 sendok makan beras. Tumbuk bersama kencur dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ke bagian yang benjol. Bisa juga diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi madu, setelah itu dioleskan ke bagian yang benjol.

Atasi Mimisan

Selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dipilin dan disumpalkan ke hidung anak. Untuk pengobatan dari dalam tubuh lakukan dengan ramuan: 1/2 jempol umbi bidara upas yang sudah bersih diparut dan diseduh dengan 1 cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin diminumkan ke anak ditambah sedikit madu.

Atasi Batuk Seratus Hari

Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.

Sembuhkan Muntah-muntah

Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali.

Atasi Diare Anak

Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan. (Sumber: perempuan.com dan dari berbagai sumber lainnya)

Tidak ada komentar: