Senin, Agustus 20, 2007

Radang Tenggorokan

Peradangan pada tenggorokan menyebabkan penderita akan merasa sakit saat menelan, suara serak, sakit pada otot dan sendi mengeluarkan ingus dan mulut berbau kurang enak. Sebagai akibat dari radang tenggorokan, dapat pula muncul seperti; pembengkakan getah bening di leher, demam, sakit kepala, nyeri perut, muntah-muntah dll.

Radang tenggorokan biasa disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus. Radang tenggorokan banyak dialami oleh orang yang mengkomsumsi alcohol, alergi batuk dalam jangka waktu lama, perokok, debu, serta penggunaan suara yang berlebihan.

Pengobatan:

o Ambil 1 genggam krokot yang telah dicelupkan sebentar ke dalam air panas + 1 buah pir kemudian semua bahan tadi diblender dengan menggunakan air secukupnya lalu tambahkan 2 sendok makan madu. Minum ramuan ini 3 x sehari secara teratur selama 2 minggu.

o Ambil 2 helai tanaman brojo lintang atau daun kipas yang telah dicelupkan ke dalam air panas sebentar + 10 lembar daun sambung nyawa kemudian 2 bahan tadi diblender dengan air secukupnya lalu diminum 3x sehari sehingga sembuh.

o Ambil 2 telapak kaktus gepeng yang telah dikupas kulitnya kemudian di iris-iris + 1 genggam daun sambiloto kering kemudian direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas lalu diminum 3 x sehari.

Untuk penyembuhan yang cepat sebaiknya hindari makanan yang digoreng, dibakar, air es, alcohol, pedas-pedas, merokok, dan lain-lain.

(Sumber: http://saintpeterclinic.blogspot.com)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

assalamu alaikum,

ingin berbagi cerita,
saat ini sedang mengalami radang tenggorokan parah. (serasa ingin teriak sambil lari).

amandel membengkak, bersin-bersin. susah konsentrasi saat mencoba mengaji, mata berair terus menerus, kepala di goyangkan sakit disertai sedikit demam.

sayangnya saya perokok berat.


buat kami anak kos susah kalau cari daun-daun krokot atau kaktus, dan kami mengobati diri-sendiri jika kena penyakit. saat ini mau jalan ke kamar mandi saja serasa 1km akibat radang tenggorokan ini.

yang saya ingat sebelum penyakit ini adalah sebelum tidur minum cofeemix (kopi), lalu tidur.

tiba-tiba di keesokan paginya tenggorokan benar-benar sakit, buat menelan ludah juga sakit.

atau mungkin sewaktu saya tidur ada tetangga kamar yang bersih2 karpet, sehingga debunya masuk ke kamar saya dan terhirup sewaktu tidur.

saya kemudian minum:

madu nusantara + jeruk nipis + air panas. lalu saya berdoa agar sembuh, merokok dan mendengarkan musik keras (metal) sebagai daya tahan. hasilnya lumayan. hari ini saya merasa ada peningkatan sembuh secara instant.

wassalamu alaikum