Senin, Agustus 20, 2007

Menyehatkan Ginjal Secara Alami

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat vital yang berfungsi untuk membuang zat yang tidak berguna dan bersifat racun dari dalam tubuh melalui air seni. Ginjal tiap harinya menyaring dan membersihkan sekitar 1700 liter darah dan menghasilkan sekitar 1,5 liter urine selain itu ginjal juga menjaga keseimbangan garam, asam basa, kandungan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah di sumsum tulang dan berfungsi mengubah provitamin D pada kulit menjadi vitamin D aktif.Berbagai penyakit dapat mengenai ginjal, seperti; infeksi karena batu ginjal, radang ginjal, imunologi, keracunan, asam urat, dan kanker. Bagi penderita batu ginjal biasanya tidak mengalami keluhan atau gejala lain, hanya saat bila batu bergeser dari piala ginjal ke bawah rasa nyeri terjadi di daerah pinggang. Penderita dianjurkan minum air putih sekitar 3 liter/hari dan menjaga makanan. Dengan cara ini, garam-garam dalam urine tidak dapat mencapai taraf yang memungkinkan terjadi endapan, sedangkan reaksi kimia dari urine dipengaruhi oleh makanan sehari-hari.

Adapun resep-resep tradisional untuk mengatasi dan mengobati penyakit batu ginjal:

o 3 genggam daun sendok segar rebus dengan 9 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Air rebusannya diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas.

o 2 genggam rambut jagung direbus hingga airnya mengental. Kemudian saring dan airnya diminum

o 1 sendok makan bubuk daun kumis kucing + 7 batang akar meniran segar. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 ½ gelas. Minum 3x sehari masing-masing ½ gelas.

o 5 lembar daun tempuyung + 5 lembar daun keji beling + 6 buah tongkol jagung. Semua bahan direbus dengan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Minum 3 gelas sehari masing-masing 1 gelas.
(Sumber: http://www.saintpeterclinic.blogspot.com)

Tidak ada komentar: