Senin, Agustus 20, 2007

Nyeri Haid Pada Wanita

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan setiap wanita. Haid yang tidak lancar dapat diakibatkan oleh adanya gangguan hormonal. Hormon estrogen yang menjadi pengatur siklushaid wanita dapat terganggu karena beberapa factor. Gangguan itu sifatnya ada yang sementara/temporer ada juga yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Bila itu terjadi, dapat memicu terjadinya gangguan pada hormone lainnya. Salah satunya adalah hormon progesteron. Gejala yang menyertai haid umumnya sakit kepala, sakit perut di bagian bawah, nyeri otot, sakit punggung, depresi, dan sebagainya.

Sejauh ini penyebab tidak lancarnya haid diduga karena terjadi ketidakseimbangan hormone dan factor psikologis. Adapun rasa sakit yang ditimbulkan saat haid diduga karena otot rahim yang mengerut akibat selaput rahim mengeluarkan hormone prostaglandin. Rasa sakit juga merupakan induk dari gangguan ginekologis, seperti penyempitan servik, peradangan tabung rahim, radang selaput lendir rahim, ataupun tumor rahim. Adapun pemicu tidak lancarnya haid dapat dipengaruhi oleh beberapa penyakit, seperti obesitas, gangguan leher rahim, jantung dan sebagainya.

Pengobatan:
  1. 1 genggam krokot segar, 3 lembar bunga jengger ayam segar ditambah 3 jari umbi rumput teki (siangfu), direbus dengan ½ liter air hingga tersisa ¼ liter. Saring dan airnya gunakan untuk memblender 2 buah mengkudu/ pace yang matang, lalu diminum.
  2. 1 atau 2 buah mengkudu/pace yang matang, dicuci dan dipotong-potong ditambah 1 batang kaktus yang telah dikupas kulitnya. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, tambahkan madu secukupnya, lalu diminum.
  3. 2 buah mengkudu/pace yang matang, dicuci dan dipotong-potong, 3 lembar daun dewa yang segar ditambah 2 jari temu hitam dan gula merah secupnya. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya dan diminum dalam keadaan hangat.
  4. 2-3 buah mengkudu/pace yang matang, dicuci bersih, 1 batang lidah buaya yang telah dikupas kulitnya dan garam secukupnya. Kemudian direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Airnya diminum dalam keadaan hangat.
  5. 1-2 buah mengkudu/pace yang matang dicuci dan dipotong-potong kemudian diblender dengan air secukupnya dan direbus sampai mendidih. Airnya di minum hangat-hangat.

(Sumber: http://www.saintpeterclinic.blogspot.com/)

Tidak ada komentar: