Senin, Agustus 20, 2007

Mengatasi SINUSITIS

Sinusitis adalah suatu gangguan dimana terjadinya pembengkakan atau infeksi di daerah sinus, yaitu ruangan udara yang ada di antara tulang hidung, pipi dan tulang alis mata. Rongga tersebut berfungsi menghasilkan mukus, yaitu lendir yang kita kenal dengan kata "ingus". Saat pilek karena sakit ataupun alergi, kita biasanya refleks mengeluarkan ingus untuk mengosongkan rongga tersebut. Sinusitis terjadi jika ada benda atau apapun yang menghalangi keluarnya ingus dari dalam rongga sinus. Bisa akibat perubahan tekanan ataupun temperatur (untuk penderita alergi dingin), karena pemakaian obat semprot hidung terlalu keras atau akibat asap rokok, debu (untuk alergi debu) atau bisa juga karena bakteri maupun virus. Nah jika lendir atau ingus tadi terhalangi jalannya, maka lendir tersebut lama kelamaan bisa bertumpuk dan jadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk hidup, akibatnya di rongga sinus bisa terjadi infeksi bakteri.

Pengobatan:

Ambil jahe 3 ruas, daung bawang prei 2 batang, temu hitam 3 ruas jari, lendir lidah buaya dari 3 batang lidah buaya, sambiroto kering 3 genggam, kapulaga 5 butir. Masak dengan 6 gelas air sampai menjadi 3 gelas air tambah madu secukupnya. Minum PSM (pagi, siang, malam). Hidung bisa ditetesi dengan lendir lidah buaya atau cairan dari daun sambiroto.

(Sumber: http://www.saintpeterclinic.blogspot.com/)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks mas atas informasi nya

Anonim mengatakan...

Informasi dlam artikel ini sangat referentif. Untuk menambah tentang pemeliharaan kesehatan dan penymebuhan penyakit, sebagaimana saya ketahui dari Buku "Hindari Ketergantungan Obat" penyakit bisa sembuh secara alami.
Penyembuhannya dengan Normalisasi Pennasia untuk menormalisasi proses reaksi yang terjadi dalam tubuh secara maksimal sehingga dapat sembuh alami. Untuk lebih jauh, anda bisa belajar penyembuhan alami ini. Silahkan kunjungi SembuhAlami.com

Alaika Abdullah mengatakan...

a very good info, ijin copy artikelnya ya mas, untuk info bagi teman2 yang sedang mencari obat tradisional atasi sinusitis. thx.