Senin, September 10, 2007

Obat Herbal Bunga Kenop


Bunga Kenop ditanam di pekarangan dan di tanam sebagai tanaman hias atau tumbuh liar di ladang yang cukup mendapat sinar matahari. Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini dapat ditemukan pada ketinggian 1-1.300 m dpl.

Sifat dan Khasiat
Rasanya manis, sifatnya netral. Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak dan obat radang mata.

Kandungan Kimia
Gomphrenin I, Gomphrenin II, Gomphrenin III, Gomphrenin V, Gomphrenin VI dan amarathin. KAndungan minyak asiri, flavon atau saponin mempunyai khasiat sebagai peluruh dahak.

Bagian yang Digunakan
Bagian yang digunakan adalah bunga atau seluruh herba segar atau herba kering

Indikasi

Bunga berkhasiat untuk pengobatan
  • Batuk rejan (pertusus),
  • TB Paru disertai batuk darah,
  • Sesak napas (Asma Bronkial),
  • Radang saluran napas akut dan menahun,
  • Radang mata,
  • Sakit Kepala,
  • Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak,
  • Disentri, dan
  • Tidak lancar buang air kecil
Herba digunakan untuk:
  • Menambah nafsu makan
Cara Pemakaian

Untuk obat yang diminum, rebus 9-10 bunga segar atau 3-9 g bunga kering lalu air rebusannya diminum.

Untuk pemakaian luar, cuci herba segar seutuhnya sampai bersih, lalu giling sampai halus. Turapkan ramuan ini ke bagain tubuh yang sakit, seperti bengkak/memar akibat terbentur benda keras. Selain itu tanaman segar dapat direbus dan airnya digunakan untuk mencuci koreng.

Contoh Pemakaian

Sesak napas karena Asma Bronkitis
Rebsu 10 kuntum bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan arak kuning sebanyak satu seloki. Minum ramuan sehari tiga kali, masing-masing 1/3 gelas. Lakukan tiap hari sampai sembuh.

Bronkitis Kronis
Suntikan ramuan obat suntik bunga kenop, pada beberapa akupunktur. Sekitar 10% penderita yang mendapat suntikan ini akan mengeluhkan rasa kering di tenggorokan walaupun hanya sementara.

Kencing tidak Lancar
Rebus 3-10 g bunga kenop dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum dua kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Panas pada anak karena gangguan hati (liver)
Cuci 7-14 kuntum bunga kenop segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum sehari tiga kali, masing-masing 1/2 gelas.

Disentri
Rebus 10 kuntum bunga kenop segar dalam 100 cc arak kuning sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Menambah nafsu makan
Cuci 20g herba segar sampai bersih, lalu rebus dalam tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin saring dan air saringannya diminum. Sehari dua kali, masing masing satu gelas.

(Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha/HD, dari: http://jacksite.wordpress.com, Kategori Kesehatan, Alternatif)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo, nama saya Gita. Saya mau bertanya apakah Anda tahu tempat dimana saya bisa mendapatkan bunga kenop dan arak kuning? Apakah obat ini tidak mempunyai efek samping? Atau mungkin ada beberapa syarat untuk pengguna?

Anonim mengatakan...

hallo nama saya ahmad saya tinggal dijogja. saya mo nanya gimana cara mendapatkan bunga knop & arak kning, tolong dijawab karena saya sudah sangat terganggud & merasa jenuh dengan penyakit bronkitis saya, sampe otot-otot di seluruh badan saya jadi tegang/kaku... sekali lagi tolong dijawab. terima kasih

Unknown mengatakan...

nice info...
ternyata bunga kenop banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan penyakit... dimana bisa mendapatkan bung kenop pak?
terima kasih....