Senin, September 10, 2007

Obat Herbal Daruju

Semak tahunan, berbatang basah, tumbuh tegak atau berbaring pada pengkalnya, tinggi 0,5-2m, berumpun banyak. Batang bulat silindris, agak lemas, permukaan licin, berwarna kecoklatan, berduri panjang Tumbuh liar di daerah pantai, tepi sungai, serta tempat-tempat yag tanahnya berlumpur dan berair payau.

Sifat dan Khasiat

Akar daruju rasanya pahit, sifatnya dingin, berkhasiat sebagai antiradang (antiflogistik) dan peluruh dahak (ekspektorans). Biji berkhasiat sebagai pembersih darah.

Kandungan Kimia

Akar mengandung flavone dan amino.

Bagian yang digunakan

Bagian yang digunakan adalah akar, daun dan biji. Sebelum digunakan, cuci akar sampai bersih, iris tipis-tipis, lalu jemur sampai kering.

Indikasi

Akar digunakan pada pengobatan:
  • Radang hati (hepatitis) akut dan kronis,
  • Pembesaran hati dan limpa (hepatosplenomegali),
  • Pembesaran kelenjar limfe (limfedenopati), termasuk pembesaran kelenjar limfe pada tuberkolusis (TBC) kulit (skrofuloderma),
  • Gondongan (parotitis),
  • Sesak napas (asma bronkial),
  • Cacingan,
  • Nyeri lambung, sakit perut, dan
  • Kanker, terutama kanker hati
Biji digunakan untuk pengobatan:
  • Bisul dan cacingan
Cara Pemakaian

Untuk obat yang diminum, sediakan 30-60g akar daruju kering, lalu rebus atau tim dengan daging.

Untuk pemakaian luar, giling akar kering sampai halus, lalu taburkan pada bagian tubuh yang luka atau terkena racun.

Efek Farmakologis dan hasil Penelitian

Ternyata, infus akar daruju 0,8 g/kg bb dan 1,2 g/kg bb pada kelinci yang telah diberikan parasetamol dosis toksik dapat mempercepat penurunan aktifitas enzim SGPT dan SGOT secara nyata. Namun tidak memberikan perubahan aktivitas enzim ALP. Dosis 1,2 g/kg bb lebih cepat menurunkan SGOT dan SGPT dibandingkan dengan dosis 0,8 g/kg bb. Infus akar daruju tidak memberikan efek yang nyata terhadap gangguan bendungan saluran empedu (Asmawati FF WIDMAN, 1990)

Contoh Pemakaian

Kanker
Rebus 30-120 g akar daruju jering dan 60-120 g daging sapi tanpa lemak dalam 500 cc air dalam periuk tanah atau panci email dengan api kecil selama 6 jam, sampai airnya tersisa satu mangkok. Jika air mengering sebelum 6 jam, tambahkan air panas secukupnya sambil terus direbus. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi dua untuk dua kali minum, pagi dan sore hari (maisng-masing 1/2 mangkok). Setiap kali minum tambahkan madu secukupnya. Lakukan pengobatan setiap hari.

Hepatitis akut dan kronis
Iris 60 g akar daruju yang telah dikeringkan tipis tipis. Masukkan ke dalam panci email, lalu tuang 500 cc ke dalamnya. Rebus dengan api kecil sampai airnya tersisa 100 cc. Setelah dingin, saring dan airnya dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari. Setiap kali minum dapat ditambahkan madu secukupnya.

Luka terkena pisau beracun
Kunyah akar kering sampai halus, lalu bubuhkan pada luka dan balut dengan kain perban. Ganti 2-3 kali sehari.

Bisul
Giling empat butir daruju sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya, lalu minum sekaligus. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Cacingan
Giling 2-5 butir daruju sampai halus. Seduh dengan 1/2 cangkir air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Pengobatan ini dapat dilakukan selama 2-4 hari berturut-turut.

(Sumber: Atlas Tumbuhan Obat Ind./Dr. Setiawan Dalimartha/Hd, dari: http://jacksite.wordpress.com, Kategori Kesehatan, Alternatif)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

nice info...
ternyata Daruju banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker... bisa menjadi obat alternatif...
terima kasih....

chai mengatakan...

mkasi bgt ya buat infonya...
jadi bisa ga tergantung ma obat2an yg punya byk efek sampingnya... n_n

Unknown mengatakan...

Kami menjual berbagai macam obat herbal, tanpa bahan kimia yang tentunya baik untuk penyembuhan penyakit dan kesehatan anda:

1. Bawang Dayak asli kalimantan ( 50.000 /kg )
2. Teh Jeruju ( 20.000 /pc 16gr)
3. Teh Mahkota Dewa ( 10.000 /pc 14gr)

menerima agen & reseller
Untuk pemesanan SMS / WA : 08563430171
Tokopedia : https://www.tokopedia.com/people/11302673